BERITA

Ditjen Bimas Hindu Target Realisasi Anggaran 2021 Tuntas di Bulan Oktober atau November

Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto targetkan realisasi anggaran Kinerja Ditjen Bimas Hindu Tahun 2021 tuntas di Bulan Oktober atau November.  Dengan target per bulan minimal 10% harapan kami di bulan 10 atau 11 pekerjaan di Ditjen Bimas Hindu bisa selesai, sehingga di akhir tahun kita akan fokus merencanakan pekerjaan di tahun berikutnya, itu yang akan kami lakukan Tegas Tri Handoko Seto saat menyampaikan paparannya dalam Rapat Koordinasi Penyusunan Perjanjian Kinerja Kementerian Agama di Jakarta, Senin (352021). 

Untuk saat ini, realisasi Anggaran Ditjen Bimas Hindu tahun 2021 triwulan pertama atau sampai dengan Maret berada diangka 16,48% dan diawal bulan Mei sudah mencapai 27,25%. 

Selain dari segi anggaran, dari 17 sasaran program dan 36 indikator kinerja sebagian besar sudah tercapai. Menurut Tri Handoko secara umum dari 9 indikator kinerja yang bisa diukur berdasarkan triwulan rata-rata sudah terpenuhi. Walaupun demikian Tri Handoko Seto tidak menampik ada beberapa sasaran yang capaiannya masih sedikit dan akan berupaya terus untuk meningkatkannya seperti frekuensi penyuluhan agama yang targetnya 75% baru tercapai 65%. 

Sejumlah kendala dihadapi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu untuk merealisasikan kinerja tahun 2021. Refocusing anggaran menjadi salah satu kendala yang dihadapi. Target kinerja yang disusun sesuai Renstra, anggaran yang diharapkan sebesar 1,052 Triliun Rupiah. Namun anggaran pagu awal Ditjen Bimas Hindu hanya 803 Milyar dan kemudian mengalami refocusing atau relokasi lagi menjadi 781 Milyar Rupiah. Selain itu, Ditjen Bimas Hindu juga sedang dan terus berupaya menindaklanjuti persoalan adanya blokir anggaran yang mencapai 5 Milyar dan tentunya memperbaiki kesulitan berkoordinasi akibat masih merebaknya pandemi Covid 19. 
.