BERITA

Kegiatan technical meeting Utsawa Dharma Gita (UDG) yang digelar di ruang pertemuan Gedung Kementerian Agama RI di Jalan M.H Thamrin

Tri Handoko Seto: Pahami Teknis Pelaksanaan UDG Tahun 2021

Tri Handoko Seto : Jangan Sampai Gara-Gara Ini Gagal Besanan
Jakarta - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu, Tri Handoko Seto Senin (245) siang memberikan arahan kepada perwakilan daerah peserta dalam acara technical meeting Utsawa Dharma Gita (UDG) yang digelar di ruang pertemuan Gedung Kementerian Agama RI di Jalan M.H Thamrin, Jakarta secara luring dan daring. Perwakilan daerah peserta Utsawa Dharma Gita Tahun 2021 yang mengikuti techinal meeting adalah para pembimas Hindu dan ketua LPDG Provinsi dari seluruh Indonesia. 

Tri Handoko Seto dalam arahannya menekankan kepada para peserta technical meeting harus sudah paham segala hal terkait teknis pelaksanaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional Tahun 2021. Pelaksanaan Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Nasional Tahun 2021 sedikit berbeda dengan pelaksanaan Utsawa Dharma Gita tahun-tahun sebelumnya. Utsawa Dharma Gita Tahun 2021 akan berlangsung secara semi virtual yakni ada penyelenggaraan yang berlangsung secara daring dan  sebagian lagi secara luring. 

Sebelumnya kan banyak sekali yang tanya ini gimana nanti UDG, seperti apa virtual itu, seperti apa semi virtual itu dan seterusnya. Dengan penjelasan (technical meeting) saya berharap setelah acara selesai jangan sampai ada yang belum tahu juga, yang masih ragu tanya lah, jangan iya iya iya tapi sampai di daerah Nyamnyamnyam. Datang jauh jauh ke sini jangan sampai pulang menggendong monyet monyet kegelisahan Tegas Tri Handoko Seto. 

Selain meminta para perwakilan daerah paham teknis pelaksanaan UDG tahun 2021, Dirjen Bimas Hindu asal Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur ini juga berharap penjurian lomba atau Utsawa dapat dilakukan dengan objektif. Penjurian ini, di sinilah nanti awal terjadinya saling pengertian atau permusuhan. Gara gara tidak adil jurinya jadi persoalan sendiri. Ini jangan sampai terjadi, yang semula mau Besanan nggak jadi Besanan gara gara ini! Nggak jadi besanan gara gara berantem dengan pembimas lain rebutan ini Kata Tri Handoko Seto. 

Untuk menjamin penjurian dapat berlangsung dengan objektif, panitia UDG Tingkat Nasional Tahun 2021 merancang pelaksanaan perekaman video perlombaan masing-masing peserta di daerah seragam dari segi kualitas gambar, kualitas suara dan sudut pengambilan gambar. Panitia juga memastikan tim yang berangkat ke daerah untuk melakukan pemantauan dan vendor yang menyiapkan perangkat sudah paham terkait dengan teknis pelaksanaan UDG karena telah melalui proses seleksi yang ketat. 

Utsawa Dharma Gita merupakan ajang perlombaan nyanyian-nyanyian keagamaan Hindu yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu setiap 3 tahun sekali. UDG semestinya dilaksanakan pada tahun 2020 namun karena Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia dan Dunia penyelenggaraan akhirnya diundur satu tahun. Karena Pandemi Covid-19 pula penyelenggaran UDG Tahun 2021 berlangsung secara semi virtual. Puncak penyelenggaraan atau malam penganugrahan para pemenang lomba menurut rencana akan dilaksanakan pertengahan Bulan Agustus tahun 2021. 

.