BERITA

587 Peserta Berkompetisi Perebutkan Piala Bergilir Utsawa Dharmagita Ke-14 Tahun 2021

Jakarta – Penjurian Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional ke-14 tahun 2021 akan dimulai pada Minggu (1710) mendatang bersamaan dengan Pembukaan UDG yang akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Pembukaan akan berlangsung secara hybrid, yang virtual disiarkan langsung melalui kanal media Youtube Bimas Hindu RI atau bisa juga bergabung melalui media zoom meeting ungkap Ketua Panitia UDG ke-14, Desak Putu Sri Astiti di Jakarta, pada Sabtu (1610)

Selain Presiden Joko Widodo, Wakil Menteri Agama Zainud Tauhid Sa’adi juga akan hadir langsung pada Pembukaan UDG ke-14.

Desak Putu Sri Astiti menyampaikan bahwa total peserta UDG tahun ini sebanyak 587 orang dan semua provinsi telah menyelesaikan proses perekaman video peserta lomba UDG yang sudah dimulai sejak Juli 2021 lalu.

Perekaman video per provinsi sudah kita mulai sejak bulan Juli, namun sempat tertunda karena pandemi, lalu kita lanjutkan bulan September dan telah selesai pada 3 Oktober kemarin sambungnya.

Proses penjurian akan berlangsung selama empat hari dan berakhir pada Rabu (2010) dengan menghadirkan personalia juri dari berbagai daerah di antaranya dari Lampung, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dirinya menambahkan, bahwa malam penganugerahan Piala Bergilir UDG akan dilaksanakan pada Kamis (2110) malam di Jakarta dan juga akan disiarkan secara langsung.

Piala Bergilir UDG akan diserahkan langsung oleh Menteri Agama RI kepada provinsi pemenang sebagai Juara Umum nantinya ungkapnya.

Ada tujuh kategori lomba dengan 25 perlombaan pada UDG ke-14 tahun ini. Ketujuh kategori lomba itu adalah Lomba Utsawa Sloka, Lomba Utsawa Palawakya, Lomba Utsawa Kakawin, Lomba Utsawa Dharma Wacana Bahasa Indonesia, Lomba Utsawa Dharma Wacana Bahasa Inggris, Lomba Utsawa Nyanyian Keagamaan, serta Lomba Utsawa Menghafal Sloka. Ke-31 provinsi telah melakukan perekaman di daerah masing-masing.
.