BERITA

Plt. Dirjen Bimas Hindu Ajak Pasraman Formal Manfaatkan Buku Pendidikan Keagamaan Hindu Terbitan Kementerian Agama

Samarinda - Plt. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Komang Sri Marheni meninjau Pratama Widya Pasraman (PWP) Mulawarman pada Rabu (2032022) di Samarinda, Kalimantan Timur.

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan kelengkapan dan ketepatan standarisasi pengajaran pendidikan Hindu di PWP Mulawarman.

Kita ingin memastikan bahwa fasilitas, sistem pengajaran, hingga penunjang kegiatan belajar mengajar telah layak dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku ungkap Plt. Dirjen Bimas Hindu, Komang Sri Marheni.

Dalam peninjauan tersebut, Plt. Dirjen Sri Marheni juga menekankan agar Pasraman Formal Hindu memanfaatkan fasilitas Buku Pendidikan Keagamaan Hindu terbitan Kementerian Agama RI sebagai pendukung pengajaran di Pasraman.

Pada tahun 2021, Ditjen Bimas Hindu telah menerbitkan Buku Pendidikan Keagamaan Hindu bagi peserta didik dan tenaga pengajar, ini bisa dimanfaatkan sebagai penunjang pengajaran sambungnya.

Penting menurutnya ada keseragaman dan kesamarataan dalam sistem Pendidikan Hindu di Indonesia, agar tidak terjadinya kesenjangan dalam perihal akses maupun fasilitas.

Program pencetakan Buku Pendidikan Keagamaan Hindu ini dimaksudkan untuk menciptakan keseragaman, memastikan bahwa muatan materi yang disampaikan sesuai dengan standar, dan meminimalisir terjadinya kesenjangan pendidikan agama ungkapnya.

Selain melakukan peninjauan ke Pratama Widya Pasraman Mulawarman, di lokasi yang sama Plt. Dirjen Bimas Hindu juga mengunjungi Pura Jagat Hita Karana Samarinda didampingi oleh Direktur Urusan Agama Hindu, Ketua PHDI Kalimantan Timur, dan tokoh-tokoh keumatan Hindu di Kalimantan Timur.
.