BERITA

Buka Kegiatan Penyusunan Pagu Indikatif TA 2023, Plt. Dirjen Bimas Hindu Komang Sri Marheni: Racik dan Padukan Anggaran sesuai dengan Program Prioritas Kemenag.

(Bali) Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Pagu Indikatif TA 2023  di Seminyak, Bali pada tanggal 13 s.d 17 Juni 2022.

Komang Sri Marheni Plt. Dirjen Bimas Hindu dalam arahannya menyampaikan kepada seluruh satker Bimas Hindu Pusat, Daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu untuk meracik dan memadukan anggaran tahun 2023 sesuai dengan program prioritas Kemenag RI namun tetap memperhatikan dan menganalisa kebutuhan umat Hindu.

Adapun program dimaksud adalah program yang memperkuat sikap toleran, moderasi beragama melalui program bantuan, kegiatan workshop, seminar, forum group diskusi ataupun publikasi harus menjadi prioritas program kerja pada semua satker di Ditjen Bimas Hindu.

Penyusun anggaran hendaknya melihat historis minimal tiga tahun sebelumnya untuk mengetahui dan memahami struktur anggaran sebelumnya sehingga dapat meminimalisir ketidaksesuaian anggaran dan tidak terjadi pengulangan kesalahan penganggaran di tahun sebelumnya yang indikatornya adalah masih seringnya revisi RKAL karena ketidakcermatan dalam menyusun anggaran. 

Komang Sri Marheni juga menekankan pentingnya evaluasi dalam pelaksanaan anggaran untuk melihat sejauh mana tingkat efektivitas dan efisiensi keterkaitan program dengan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi, dalam hal ini Kementerian agama.
.