BERITA

Sekjen Kemenag: Tumbuhkan Sikap Menghargai dan Cinta Pancasila Melalui Jambore Pasraman Nasional

Yogyakarta Ditjen Bimas Hindu baru saja membuka pelaksanaan Jambore Pasraman Nasional IV di Yogyakarta pada hari Selasa, 26 Juli 2016. Perhelatan acara pembukaan ini diselenggarakan di Ballroom Hotel Seraton Mustika Yogyakarta JL Laksda Adisucipto KM 8.7, Yogyakarta dan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB. Sebelum acara pembukaan dimulai dengan sambutan-sambutan dan dibuka secara resmi, acara diawali dengan hiburan tarian Golek Ayun-ayun, Lagu Indonesia Raya, dan Hymne Jambore Pasraman Nasional.

Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia Jambore Pasraman Nasional IV Drs. Ida Bagus Gede Subawa, M.Si. Dalam laporannya, Ida Bagus Gede Subawa menyampaikan bahwa kegiatan Jambore ini berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Tentang Jambore Pasraman Nasional IV di Yogyakarta Tahun 2016. Selanjutnya beliau menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh total sekitar 648 orang yang terdiri dari 462 peserta, 94 official, 27 Juri, dan 65 panitia.

Tema dari kegiatan Jambore Pasraman Nasional IV tahun ini yaitu Jambore Pasraman Nasional IV Sebagai Wahana Meningkatkan Patriotisme Bangsa, Kerukunan dan Pengalaman ajaran agama. Yang diperlombakan dalam kegiatan Jambore Pasraman ini antara lain puja trisandya, puja kramaning sembah, pelafalan doa sehari-hari, cipta dan baca puisi, cerita keagamaan, cipta dan lagu kreasi, yoga asanas putra dan putri, dan outbond.

Setelah laporan dari ketua panitia, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan Jambore Pasraman Nasional ini. Jambore Pasraman Nasional diharapkan dapat menjadi momen dalam meningkatkan rasa pastriotisme. Selain itu Sekjen Kemenag RI mengharapkan melalui Jambore Pasraman Nasional ini tumbuh sikap menghargai, cinta Pancasila, kerukunan kehidupan beragama, serta semakin memahami dan mengamalkan ajaran agama.

Acara Jambore Pasraman Nasional ini turut dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kemenag RI M. Jasin, Pejabat Eselon II Pusat, Kepala Kantor Kemenag Provinsi, Kota, dan Kabupaten se-Yogyakarta, Kepala Kantor Kemenag Provinsi, Kota, dan Kabupaten se-Bali, dan beberapa Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi di Indonesia. Selain itu turut hadir para pejabat Pemerintahan Daerah DI Yogyakarta, Ketua DPRD Provinsi DI Yogyakarta, Pengurus Pusat dan Daerah Parisada Hindu Dharma Indonesia, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Setelah acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI, kemudian acara dilanjutkan dengan tarian kolosal cerita Ramayana bertemakan pasraman formal, dan ditutup dengan tarian nusantara (Pt Jy) Foto Ndn
.