BERITA

Antusias Umat Sangat Tinggi pada Acara Tawur Agung Kesanga Di Prambanan

Acara Tawur Agung Kesanga yang dilaksanakan pada hari selasa (8/3/2016) di kompleks Candi Prambanan dihadiri oleh banyak umat Hindu. Pada pagi hari sekitar pukul 08.00, umat Hindu beriringan memasuki areal Candi Prambanan dari pintu depan. Dalam iring-ringan tersebut banyak disertai penampilan tradisional seperti tari-tarian Reog, gamelan Jawa, dan gamelan BleganjurBali. Umat Hindu berkumpul di pelataran depan Candi.

Panitia telah menyiapkan banyak tenda untuk umat dapat berteduh.Alunan lagu-lagu suci atau kidung dan juga alunan musik tradisional Jawa terdengar sepanjang sebelum acara pembukaan dimulai. Umat Hindu duduk dengan tertib di bawah tenda di pelataran Candi sambil menunggu acara secara resmi dibuka.

Tema Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun 2016 adalah Keberagaman Perekat Persatuan. Hal ini ditunjukkan oleh umat Hindu yang hadir dengan berpakaian sembahyang yang bercorakan masing-masing daerahnya.Acara Tawur Agung Kesanga ini dibuka oleh Menteri Agama RI, dan turut dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, dan Gubernur Jawa Tengah. (pj) Foto:Aa
.