BERITA

Simakrama Provinsi Jawa Timur: Pererat Persaudaraan Umat Hindu

Empat perempuan muda nan lincah dan energik menarikan Tari Remo. Tari penyambutan ini mengisahkan tentang keberanian seorang pemimpin yang berjuang dalam medan pertempuran. Berdurasi sekitar 5 menit, tari ini sukses menghibur para hadirin.

Ratusan umat Hindu perwakilan dari seluruh kabupaten di Provinsi Jawa Timur hadir dalam Simakrama yang digelar oleh Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, Sabtu (19/3/2016). Pembimas Hindu Jawa Timur, Ida Made Windya mengatakan Simakrama ini rutin digelar setiap tahun.

"Selain untuk menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan, Simakrama ini juga untuk membangun pengetahuan, pemahaman, serta persepsi yang sama untuk mencapai kehidupan yang lebih baik," kata Ida Made Windya.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, Mahfud Shodar, dalam sambutannya yang diwaliki oleh Robertus Angkowo mengungkapkan sangat mengapresiasi kegiatan Simakrama. Ia berharap melalui Simakrama bisa menciptakan kerukunan antar umat beragama.

"Semoga melalui kegiatan Simakrama bisa membangun iklim keagamaan yang kondusif bagi perkembangan masyarakat yang dinamis, progresif, toleran dan damai, dasar nilai keagamaan dan kekayaan budaya yang berkeadaban," imbuh Robertus.

Adapun rangkaian acara dan hiburan antara lain tari Kebyar Duduk, Dharma Wacana, hingga penyerahan kenang-kenangan kepada Pandita oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Ketua Provinsi Jawa Timur, I Ketut Sudiartha, Pandita, Guru Agama Hindu serta perwakilan PHDI, WHDI, dan Peradah Kab/Kota se Jawa Timur. *Titah
.