BERITA

Sejahterakan Umat Hindu Jawa Timur, Bentuk Lembaga Dharma Dana

Malang (Bimas Hindu Jatim) Bimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar kegiatan Orientasi Peningkatan Mutu Lembaga Sosial Keagamaan Hindu dari tanggal 13 15 Mei 2016 di Same Hotel, Malang, Jawa Timur.

Pembimas Hindu Jawa Timur, Ida Made Windya mengatakan ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam kegiatan peningkatan mutu lembaga sosial keagamaan Hindu. Untuk tahun 2016, Bimas Hindu bekerjasama dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) dan Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) se Jawa Timur akan memfokuskan kegiatan dalam tiga hal, antara lain pembentukan lembaga Dharma Dana, Lembaga Pendidikan Pasraman dan pemberdayaan ekonomi keumatan, kata Ida Made Windya, Jumat (13/05/2016).

Lembaga Dharma Dana Jawa Timur nantinya akan menjadi sumber pembiayaan pembinaan umat Hindu di seluruh Jawa Timur. Sedangkan dalam bidang pendidikan, Bimas Hindu Jawa Timur menargetkan agar pada tahun 2016 seluruh pasraman non formal sudah terdaftar di Kemenag sehingga nanti bisa dibantu secara operasional oleh Bimas Hindu Jatim.

Dalam bidang pemberdayaan ekonomi, Bimas Hindu Jatim beberapa waktu lalu telah membantu beberapa kelompok peternak di Jawa Timur. Selain itu, Ida Made Widnya menambahkan, Bimas Hindu juga akan membantu pemberian modal kepada Kelompok Unit Usaha Keumatan Jatim agar bisa berkembang, maju dan mandiri.

Dengan adanya Lembaga Dharma Dana, pendidikan yang berkualitas serta perekonomian yang mapan, maka umat Hindu Jawa Timur akan semakin sejahtera, ungkap Ida Made Windya.

Salah satu peserta, Suminto, Ketua PHDI Kabupaten Banyuwangi mengatakan sangat mendukung pembentukan Lembaga Dharma Dana. Jika lembaga telah terbentuk, dana telah terkumpul, alangkah baiknya jika dana tersebut digunakan untuk membeli saham salah satu perusahaan sehingga lebih aman untuk ke depan, tegas Suminto.

Hadir sebagai narasumber Ida Made Windya dengan materi Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran Lembaga Agama Dan Keagamaan Pada Ditjen Bimas Hindu, I Wayan Legawa dengan materi Problematika Lembaga Pendidikan Keagamaan Hindu di Jawa Timur dan Upaya Penyelesaian Masalah, Peran Lembaga Keagamaan Hindu dalam mewujudkan Kerukunan, I Wayan Subagiartha dengan materi Pemberdayaan Lembaga Keagamaan Melalui Dharma Dana dan Agus Wijaya dengan materi Strategi Peningkatan Mutu Lembaga Agama dan Keagamaan Hindu. Adapun peserta yang hadir sebanyak 40 orang perwakilan PHDI, WHDI, dan Peradah Kabupaten/Kota se Jawa Timur. *Titah
.