BERITA

Bupati Badung hadiri Dharmawecana Ka.Kankemenag Kab Badung dalam acara persiapan Karya Ngenteg Linggih, di Desa Adat Sedang Kec. Abiansemal

KA.Kankemenag KAB. Badung Kuatkan Sinergitas Ke Berbagai Lini

(Mangupura, 20 Nopember 2016), Padatnya kegiatan yang dilaksanakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Badung ( I Nyoman Arya S.Ag.M.Pd.H ), tidak menyurutkan langkah untuk selalu melakukan upaya-upaya pertemuan baik dengan masyarakat, tokoh agama, dan pemerintah, dalam upaya menjalin sinergitas ke berbagai lini tidak saja di kabupaten Badung, tetapi Bali pada umumnya. Kegiatan ini terlihat pada hari Minggu, tanggal 20 Nopember 2016, dimana Ka Kan Kemenag Kab Badung pagi hari membuka secara resmi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kasi Urusan Agama Islam yaitu Kegiatan Rekrutmen (Tes Tertulis dan Wawancara) Bagi Calon Penyuluh Agama Islam Non PNS tahun 2017, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung. Selanjutnya setelah acara tersebut Ka Kan Kemenag Kab. Badung langsung meluncur Ke Desa Pekraman Sumerta, Denpasar untuk memenuhi Undangan Bendesa Adat Sumerta ( Bapak Butuantara) untuk mengisi ceramah agama yang dikaitkan dengan Pesraman Pemangku, dalam kesempatan tersebut hadir Tokoh Agama dan Adat, disamping Pemangku dan Serati Banten sebagai peserta kegiatan, acara berlangsung sangat menarik yang membuat berbagai pertanyaan datang dari peserta (Pemangku) peningkatan pemahaman dalam menjalankan swdharma sebagai sandaran umat di era kekinian/globalisasi ini.

Perjalanan Ka KanKemenag Kab Badung setelah mengisi acara Pesraman pemangku di Desa Pekraman Sumerta, langsung memenuhi undangan dari Bendesa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal, untuk mengisi Dharmawecana yang dihadiri langsung oleh Bupati Badung (I Nyoman Giri Prasta) didampingi Oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kab. Badung, Camat Abiansemal, Prajuru Adat dan Dinas Desa Adat Sedang, serta masyarakat. Dalam Kesempatan tersebut Ka Kan Kemenag Kab. Badung menyapaikan beberapa hal terkait dengan rencana Desa Adat Sedang untuk melaksanakan Upacara Ngenteg Linggih, mantan Kasubag Humas Ka Kanwil Kemenag Prov. Bali ini menyampaikan di tengah desakan era reformasi, dan arus globalisasi, masyarakat hendaknya lebih cerdas dalam menyikapi sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan, apalagi menyangkut pelaksanaan upacara yadnya yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan menyucikan alam semesta, khususnya di Desa Adat Sedang.

Melengkapi perjalanan langkah Ka Kankemenag Kab Badung pada hari yang sama adalah mengikuti prosesi mejaya-jaya, Pelantikan Kepengurusan Dan Penyusunan Program Sabha Budaya Provinsi Bali yang bertempat di Pura Kentel Gumi Kabupaten Klungkung, dimana acara tersebut dihadiri oleh Para Sulinggih se-Bali, untuk menetapkan program kegiatan Sabha Budaya dalam upaya melestarikan Adat Agama dan Budaya Bali secara menyeluruh. ( Dana)
.