BERITA

-

Sambut Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1941, Panitia Tawur Agung 2019 Gelar Gladi Bersih di Candi Prambanan

Selasa (5/3), Meski sempat diguyur hujan, gladi bersih yang bertempat di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta berjalan cukup baik dan kondusif. Dikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari panitia, penari, penabuh serta pembaca sloka bersama-sama bergabung mengikuti kegiatan gladi bersih.

Tahun 2019 ini memang terbilang cukup unik, selain adanya Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941, kita juga akan dihadapkan dengan pemilu yang akan di laksanakan pada bulan 4 yang akan datang. Untuk itulah Perayaan Nyepi tahun 2019 ini mengusung tema melalui tapa brata penyepian kita sukseskan pemilu tahun 2019.

I Made Astra Tanaya selaku ketua panitia pada upacara tawur agung kesanga nasional tahun 2019 ini mengatakan, persiapan yang telah dilakukan dalam pelaksanaan upacara tawur agung kesanga ini dimulai dari pembuatan sarana ritual, bakti sosial dengan melakukan pembinaan umat dan pelestarian lingkungan. 

tentunya kita mulai dari ritual yang begitu banyak dan rumit disamping itu kita menyiapkan untuk baksos pembinaan umat dan kita mengadakan pelestarian lingkungan wana kerti dan giri kerti. Jelasnya.

Beliau juga menyebutkan bahwa jumlah umat yang akan datang dalam upacara tawur agung kesanga ini mencapai 16.000 orang yang datang dari DIY Yogyakarta dan Jawa Tengah.

untuk tahun ini ada sekitar 15.000 sampai dengan 16.000 umat yang datang dari DIY yogyakarta dan Jawa Tengah. Tegasnya.
Tanaya juga menambahkan, pada upacara tawur agung kesanga ini akan hadir beberapa tamu VIP diantaranya adalah Bapak Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama RI, I Ketut widnya selaku Dirjen Bimas Hindu, Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Ketua Parida Hindu Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya. 

Pembimas Provinsi DIY Yogyakarta Drs. Mugiani menambahkan bahwa tahun 2019 ini memang sangat spesial, selain menjadi penyelanggara upacara tawur agung kesanga, dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya Provinsi yogya juga menjadi tuan rumah upacara tawur agung kesanga tersebut.

.