BERITA

Meriahnya Dharmasantih Di Kabupaten Kotawaringin Timur Yang dihadiri Langsung Oleh Bapak Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI

Antusiasme Umat Hindu sambut Dirjen I Ketut Widnya dalam Perayaan Dharmasanti Nyepi 2019

Sampit. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI I Ketut Widnya menghadiri perayaan Dharmasanti yang dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringain Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Minggu 24 Maret 2019 Beliau yg hadir sehari sebelum perayaan Dharmasanti itu menyempatkan untuk bertemu dengan umat hindu sekaligus melakukan dialog yang bertempat di Balai Basarah Penyang Hatampung dan dilanjutkan dengan sembahyang bersama di Pura Tri Bhuwana Agung serta memberikan Dharmawacana kepada umat Hindu yang ada di kabupaten Kotawaringin Timur. 


Acara perayaan Dharmasanti Tahun 2019 dimulai dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dan Tari pembukaan. Selain itu, pembacaan Ayat-ayat Kitab Suci Weda dan Panaturan dalam acara tersebut. Seluruh Tamu undangan dan umat hindu yang hadir berkisar 800 orang hal ini mengalami peningkatan pada Tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 350 orang yang hadir di acara Dharmasanti di Kabupaten Kotawaringin Timur. Ungkap Imam ketua panitia Disamping itu juga I Gede Sukadana selaku Ketua PHDI Menjelaskan bahwa Umat hindu ingin melihat dan berfoto langsung dengan orang Nomor satu di jajaran Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI dan ini kali pertamanya Dirjen Bimas Hindu Hadir di kabupaten Kotawaringin Timur sehingga mengalami Peningkatan yang Luar Biasa dari undangan yang Hadir.  

Dalam sambutannya, I Ketut Widnya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur atas segala fasilitas yang diberikan kepada umat Hindu Khususnya sehingga dapat melaksanakan Perayaan Dharmasati Nyepi dan Tahun Baru saka 1941 hari ini. kebersamaan ini bisa dijadikan Sinergitas untuk meningkatkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Kotawaringin Timur. ungkap widnya Umat Hindu Indonesia, dalam menyambut Nyepi dan Tahun Baru Saka 1941, mengusung tema dengan pelaksanaan Catur Brata Penyepian Kita Sukseskan Pemilu 2019. 

Tema ini sangat relevan dengan kondisi bangsa kita yang sedang bergembira menyambut Penuh antusias pesta Demokrasi lima tahunan ini. Tutur Widnya Diakhir sambutannya beliau menyampaikan agar umat Hindu di Kabupaten Kotawaringin Timur tetap menjaga eksistensinya serta hidup berdampingan dengan damai dan harmonis Saya berharap kepada umat Hindu di Kabupaten Kotawaringim Timur untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan umat Agama lain untuk menjaga kebersamaan, kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa. Tutup Widnya Dharmasanti Hari Raya Nyepi dihadiri oleh Bupati Kotawaringin Timur 

H. Supian Hadi yang juga memberikan Sambutan dalam Perayaan Dharmasanti, Sekretaris Dewan DPRD Kotawaringin Timur, Pimpinan Ketua Majelis Agama Khonghuchu Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur. Kapolsek Mentawa Baru Ketapang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur, Ketua PHDI Provinsi Kalimantan Tengah selaku Pendharmawacana, Pembimas Hindu Provinsi Kalimantan Tengah , Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Pusat palangka Raya serta seluruh umat Hindu yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur. (mga)
.