BERITA

Pameran Konferensi Ulama Sufi Internasional senen (9/4/19) Pekalongan

Bimas Hindu Ikut Berpartisipasi Dalam Pameran pada Pembukaan Konferensi Ulama Sufi Internasional di Pekalongan.

Bimas Hindu ikut berpartisipasi pada kegiatan pameran dalam rangka Konferensi Ulama Sufi Internasional yang diselenggarakan oleh Jamiyyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) di komplek Kantor Bupati Pekalongan Jawa Tengah, senin (84). Pameran yang akan berlangsung selama 3 hari kedapan mulai dari tanggal 8 hingga 10 April yang di ikuti oleh seluruh unit di Kementerian Agama salah satunya Bimas Hindu yang berpartisipasi aktif. Pameran tersebut bertujuan untuk mendukung kegiatan Konferensi Ulama Sufi yang sedang berlangsung di Pekalongan.

Sebagai wujud dukungan Kementerian agama membuka stand pameran di pelataran pendopo Bupati Pekalongan tepat berada di belakang kegiatan acara pembukaan konferensi Ulama Sufi Internasional. Adapun pameran yang diadakan oleh kementerian agama yang bertemakan kerukunan umat beragama.

Kementerian agama khususnya Ditjen Bimas Hindu juga ikut berperan aktif dalam kegiatan pameran tersebut dengan ikut menyediakan beberapa produk layanann dalam stand pamerannya. Produk layanan seperti buku Bhagavad Gita, Sarassamuscaya, Upadeca dan buku-buku agama lainya. yang nantinya akan dikenalkan dan dibagikan secara langsung pada peserta kegiatan dan masyarakat sekitar yang ikut hadir dalam acara tersebut secara gratis.

Kegiatan pemeran tersebut dibuka mulai tanggal 8 hingga 10 April untuk peserta kegiatan Ulama Sufi Internasional, sementara untuk masyarakat umum nantinya akan dibagi pada tanggal 11 sampai 13 April 2019. Produk yang dibagikan dalam pameran tersebut berupa buku-buku serta souvenir dari berbagai agama yang ikut berperan serta dalam kegiatan pameran.

Kasubag Sistem Informasi I Wayan Budiastika yang ikut hadir dan berperan aktif dalam kegiatan pemeran tersebut mengatakan bahwa dengan ikut berperan aktif dalam pameran ini sebagai wujud dukungan dalam kegiatan Konferensi Ulama Sufi Internasional yang berlangsung di Pekalongan ini agar berlangsung dengan lancar dan sebagai wujud kerukunan umat beragama.

Kegiatan Konferensi Ulama Sufi Internasional yang di hadiri para ulama dari mancanegara , ada sekitar 85 ulama dari luar negeri dan 1.500 ulama dari dalam negeri. Acara yang di awali dengan registrasi peserta mulai pada puku 08.00 pagi yang selanjutnya di awali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dibuka secara resmi oleh Menteri Pertahanan.
konferensi sufi tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Pertahanan Bapak Ryamizard Ryacudu yang hadir untuk mewakili Bapak Presiden RI Joko Widodo yang tidak dapat hadir dalam acara pembukaan pertemuan itu. Menteri Agama Bapak Lukman Hakim yang dijawalkan nantinya akan menutup acara tersebut. 

Kegiatan tersebut juga menarik perhatian masyarkat setempat yang ikut menyaksikan pembukaan dengan adanya kirab merah putih yang berlagsung tadi siang. Kirab (arak-arakan) yang dilakukan oleh peserta dari berbagai daerah yang ikut hadir dalam acara tersebut dengan mengelilingi alun-alun Kabupaten Pekalongan sampai depan Pendopo Bupati Pekalongan.
Sehingga acara konfernsi Sufi sangat meriah dengan adanya kirab merah putih tersebut. Masyarakat sangat antusias dan mendukung penuh kegiatan yang berlangsung 4 hari kedepan agar berlangsung dengan baik dan sesuai harapan kedepannya bisa menjadi tuan rumah lagi.

Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai ulama, sejumlah tokoh-tokoh dan pejabat negara yang hadir pada pembukaan Konferensi Sufi tersebut, seperti pejabat dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama serta berbagai kalangan pejabat pemeritahan Kabupaten Pekalongan dan Pejabat Provinsi Jawa Tengah.

.