BERITA

Pembimas Hindu Riau memberikan bantuan dalam bentuk sembako

Bakti Sosial Umat Hindu Propinsi Riau

Pandemi wabah Covid-19 yang tak kunjung usai benar-benar menguji umat manusia di seluruh dunia termasuk Indonesia, tak terkecuali umat Hindu di Propinsi Riau. Seolah tak ingin membiarkan adanya warga yang kesusahan akibat pandemi ini, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Propinsi Riau yang bekerja sama dengan seluruh lembaga Hindu tingkat PopinsiKabupatenKota dan atas dukungan Bimas Hindu Kanwil Kemenang Propinsi Riau berhasil menghimpun donasi dari sejumlah donatur. 

Dana tersebut kemudian diberikan dalam bentuk sembako sebanyak 72 paket kepada umat Hindu yang berdomisili di seluruh kotakabupaten di Propinsi Riau dan warga masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar Pura Agung Jagat Natha Pekanbaru. Selain itu juga diberikan persembahan  Rsi Yajna sebanyak 9 paket sembako kepada para Pinandita yang ada di kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir. Penyerahan paket sembako ini dilakukan secara bertahap sejak tanggal 21 Mei 2020 di beberapa daerah dengan acara puncak penyerahan secara langsung kepada umat Hindu, warga masyarakat di sekitar pura dan para Pinandita di Pura Agung Jagat Natha Pekanbaru pada tanggal 23 Mei 2020 yang dilakukan oleh Pengurus Lembaga Hindu Se-Propinsi Riau didampingi Pembimbing Masyarakat Hindu Kanwil Kemenag Propinsi Riau, Nengah Sujati, S.Ag.

Ketua PHDI Propinsi Riau, I Gusti Gede Nyoman Wiratama dalam sambutannya menyampaikan bahwa bakti sosial pemberian sembako ini dilakukan selain untuk meringankan beban umat dan warga masyarakat yang terdampak covid-19, juga sebagai bentuk rasa syukur bahwa di tengah adanya wabah seperti ini kita masih bisa saling berbagi. Hal ini menunjukan bahwa sesungguhnya kekuatan dan kebersamaan yang terjalin antar umat beragama di Propinsi Riau sangat kuat dalam mendukung upaya pemerintah mengatasi wabah covid-19. Tak lupa disampaikan kepada seluruh umat Hindu dan warga masyarakat untuk tetap mematuhi himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat, mengenakan masker dan mencuci tangan serta tetap selalu melakukan ibadah di rumah selama masa pandemi ini untuk memohon agar wabah covid-19 segera berlalu.
.