BERITA

Kamis (1/10), dalam program Dirjen Menyapa

Dirjen Menyapa #3 – Sinergisitas Pemerintah dengan Seluruh Pimpinan Ormas/Lembaga

Jakarta – Setelah 2 pertemuan sebelumnya dalam program Dirjen Menyapa, kini pada pertemuan kali Ke-3, Tri Handoko Seto (Dirjen Bimas Hindu) hadir untuk menyapa para pimpinan Tokoh Ormas Lembaga Agama Keagamaan Hindu yang tersebar diseluruh Indonesia. Memanfaatkan aplikasi virtual meeting, menjadi salah satu opsi yang dipilih beliau untuk tetap bisa aktif bersinergisitas dalam berkomunikasi ditengah pandemi Covid-19 ini.

Hal ini penting kami lakukan dalam upaya dari Ditjen Bimas Hindu untuk mendapat informasi di tingkat Nasional sehingga kita bisa saling bahu membahu membangun Ekosistem pembinaan umat Hindu Nusantara ucap beliau sebelum memulai paparannya. Mengawali kegitan tersebut, Bapak Seto, yang akrab beliau disapa, mulai dengan menjelaskan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) IV Tahun 2020, sehingga semua gerak pembangunan harus sesuai dengan apa yang telah dicanangkan pemerintah. 

Menggarisbawahi tujuan RPJMN itu ialah Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong dan menilik 1 dari 7 Agenda Pembangunan yaitu Revousi Mental dan Pembangunan Kebudayaan, maka pada titik inilah sentra pembangunan dari Kementerian Agama, Moderasi Beragama, yang juga muncul dalam 7 lingkungan strategis yang dibidik pemerintah ialah belum kukuhnya moderasi beragama untuk memperkuat toleransi dan kerukunan.

Program Pembinaan Keluarga Sukinah yang dimiliki Ditjen Bimas Hindu juga menjadi penekanan beliau, diharapkan mampu untuk menguatkan pembangunan karakter dan budi pekerti dikarenakan ini menjadi titik akhir dari pembinaan unit terkecil Umat Hindu, yaitu keluarga.

Serta beliau juga berharap, dihadapan 150 partisipan dari seluruh Pimpinan Ormas Lembaga Agama dan Keagamaan Hindu dikegiatan itu mampu menyebarkan informasi yang benar dikarenakan masih lemahnya budaya literasi, inovasi dan kreatifitas yang memunculkan berita hoaks yang berakibat pada gesekan intra dan antar umat beragama.

Kegiatan Dirjen Menyapa yang dilakukan secara daring ini mudah-mudahan bisa menjadi kebiasaan baru kita,  tanpa mengurangi esensi, kita akan lebih efisien dalam menjalankan kegiatan-kegiatan kita , akhir beliau dalam sesi tersebut. AWWA

.