BERITA

Dirjen Bimas Hindu : Keunggulan Kompetitif Menjadikan PTKH Bereputasi Internasional

Jakarta – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Tri Handoko Seto mendorong Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH) untuk terus meningkatkan kualitas Pendidikan Keagamaan Hindu.

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Ditjen Bimas Hindu dengan pimpinan PTKH pada Selasa (0709) secara virtual melalui Zoom Meeting

Tri Handoko Seto juga menyampaikan hasil rapat Kementerian Agama RI bersama Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bahwa kualitas pendidikan keagamaan Hindu terutama Pendidikan Tinggi sudah menjadi perhatian pemerintah pusat.

Tentu saja kita harus meningkatkan kualitas pendidikan kita, dengan berorientasi pada masa depan. Untuk itu setiap PTKH diharapkan membuat road-map yang solutif dan aplikatif ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan bahwa PTKH harus mampu menganalisis kondisi saat ini untuk menentukan langkah serta membuat manajemen strategi. 

Jika kita ingin bersaing di level yang lebih tinggi, kita harus mampu mengidentifikasi apa yang menjadi kekuatan kita dan gunakan kekuatan tersebut sebagai acuan di setiap langkah dan kebijakan, tuturnya.

Dalam kesempatan yang dihadiri oleh para petinggi PTKH tersebut, Dirjen Bimas Hindu juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan Perguruan Tinggi internasional. Sejalan dengan salah satu sasaran strategis yang telah dinyatakan dalam Rencana Strategis (Renstra) Ditjen Bimas Hindu 2020-2024 yaitu Meningkatnya kualitas PTKH yang bereputasi internasional.
.