BERITA

UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Layak Jadi World Class University, Ini Alasanya

Jakarta – Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dicanangkan akan menjadi Wolrd Class University pada tahun 2033.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Tri Handoko Seto pada Jumat (109) di Kantor Kementerian Agama, Jln. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat

Penetapan target tahun 2033 tersebut mengacu pada syarat dan prosedur yang berlaku dan berdasarkan pengalaman dari berbagai perguruan tinggi yang mengajukan diri sebagai World Class University ungkapnya

Saat ini, Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI bersama UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar terus melakukan persiapan dan peningkatan kualitas sarana pendidikan. Terdapat empat pilar utama yang harus dipenuhi perguruan tinggi sebagai World Class University meliputi kualitas penelitian, kualitas pengajaran, kualitas lulusan, dan wawasan internasional.

Selain itu, juga terdapat tujuh pilar manajemen berupa tata kelola, Tri Dharma Perguruan Tinggi, sumber maya manusia, sarana prasarana, kapasitas institusi, teknologi informasi dan komunikasi, dan pendanaan.

Saat ini UHN terus berbenah, salah satunya mengajukan Program Studi umum, mengembangkan lahan kampus, mendirikan beberapa lembaga-lembaga strategis sebagai penunjang standarisasi UHN sebagai World Class University nantinya sambungnya.

Menurutnya beberapa faktor yang menjadikan UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar layak mendapatkan standar World Class University adalah UHN sudah terakreditasi B, satu-satunya PTKH negeri berbentuk universitas sehingga dalam operasionalnya mendapat dukungan pemerintah terkait anggaran melalui APBN.

Selain itu dari sisi SDM, penelitian, publikasi ilmiah, dan kerja sama luar negeri juga telah cukup baik. Itu mengapa kita optimis menjadikan UHN sebagai kampus Hindu pertama yang mendapatkan standar World Class University sambungnya.

Sebagai bentuk keseriusan Ditjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto telah memasukkan program ini sebagai bagian dari Quick Wins atau Delapan Program Prioritas Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI.

Ini adalah hal yang positif bagi SDM Hindu, dan dalam beberapa waktu ke depan saya akan mengajak Pak Menteri Agama untuk meninjau langsung persiapan UHN menuju World Class University tutupnya
.