BERITA

Ditjen Bimas Hindu Menuju Dynamic Birokrasi

Jakarta, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Hindu Kemenag RI terus berupaya mewujudkan Dynamic Birokrasi. Hal tersebut disampaikan Tri Handoko Seto, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kemenag RI, dalam paparannya pada rapat evaluasi RB dan SAKIP Kementerian Agama Tahun 2021 pada Rabu Siang (299). 

Menurut Tri Handoko Seto, reformasi birokrasi adalah sebuah keniscayaan. Reformasi harus terus dilakukan agar birokrasi tidak semakin birokratis. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu akan terus melakukan debirokratisasi agar birokrasi semakin bersih, semakin baik dalam menuju dyanamic birokrasi. 

Barangkali kita dulu bangga sekali dengan namanya good goverment dan clean government. Seolah-olah itu sudah dewanya birokrasi, kedepan tidak cukup, kita harus mengarah kepada dynamic birokrasi, birokrasi yang dinamis yang mampu merespon dengan cepat, perubahan-perubahan yang ada ungkap Tri Handoko Seto dalam rapat yang berlangsung secara virtual via zoom meeting.

Ditjen Bimas Hindu juga terus berusaha untuk menjalankan reformasi birokrasi diseluruh area perubahan. Ada delapan area perubahan yaitu manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan organisasi, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM Aparatur, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan serta peningkatan kualitas pelayanan publik.
Itu semua kami lakukan dalam kerangka karena kita sedang mengarah menjadi organisasi yang lincah, efektif dan efisien dalam melayani publik sehingga pelayanan kita kedepan semakin adaptif, transparan, cepat, merata dan berkeadilan serta tetap terjamin akuntabilitasnya tegas Tri Handoko Seto diakhir paparannya. 

Rapat evaluasi diselenggarakan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB dihadiri Tim penilai intern di Kementerian Agama dan Tim RB dan SAKIP Ditjen Bimas Hindu. Setelah sesi pemaparan, tim evaluator Kemenpan RB kemudian melakukan pendalaman terhadap upaya-upaya reformasi Birokrasi dan SAKIP Tahun 2021. Ditjen Bimas Hindu menjadi unit sampling pemeriksaanh evaluasi implementasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2021 dari Kemenpan RB
.