BERITA

Tes Komputer peserta Asesmen Kompetensi Pejabat Eselon III dan Eselon IV Ditjen Bimas Hindu

Asesmen Kompetensi Pejabat Eselon III dan Eselon IV pada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Tahun 2019

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI  bekerjasama dengan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI menyelenggarakan  kegiatan Asesmen Kompetensi Pejabat Eselon III dan Eselon IV pada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Tahun 2019 di Ruang Assesment Centre Jl. Lapangan Banteng Jakarta Pusat pada hari Selasa s.d.Rabu, 30-31 Juli 2019.

Asesmen kompetensi ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Agama Nomor: 13883SJB.11.4062018 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi bagi Pejabat Administrasi dan Jabatan Fungsional Kementerian Agama yang mewajibkan dilakukan asesmen kepada seluruh ASN Kementerian Agama secara berkala.

Adapun total pejabat Eselon III dan Pejabat Eselon IV yang diasessment adalah sebanyak 34 orang, yang terdiri dari 9 orang pejabat Eselon III dan25 orang pejabat Eselon IV. Namun sebanyak 1 orang pejabat eselon III dan 3 orang pejabat Eselon IV berhalangan hadir, sehingga total pejabat Eselon III dan Pejabat Eselon IV yang diasessment sebanyak 30 orang.

Pada hari pertama kegiatan, dilaksanakan acara pembukaan di ruang Operation Room Menteri Lantai II Kantor Kemenag RI Jl. Banteng  yang diawali dengan penyampaian laporan panitia oleh Kabag Asesmen dan Bina Pegawai, Bapak Syahrudin. Selanjutnya sambutan Kepala Biro  Kepegawaian  yang diwakili oleh Bapak H. Muhamad Ali Irfan, sambutan dari Sekretaris Ditjen Bimas Hindu, Bapak I Made Sutresna sekaligus membuka acara. 

Selanjutnya dilakukan Sosialisasi tahapan pelaksanaan asesmen oleh Koordinator Asesmen Dilanjutkan dengan penjelasan dari asesor terkait pelaksanaan tes dan pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB dilaksanakan psikotes. Pada Pukul 13.00 s.d. pukul 16.00 dilanjutkan dengan pelaksanaan LGD, dan INTRAY di Ruang Asesment

Pada hari kedua, dilaksanakan sesi wawancara teknis dimana peserta assessment diuji kompetensinya oleh Asesor dan Penguji Teknis. Asesor Eksternal berasal dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) serta BKPSDM. sedangkan yang bertindak sebagai Penguji Teknis   berasal dari Biro Kepegawaian  yakni Plt. Kepala Biro Kepegawaian, Bapak H.M. Ali Irfan dan Kabag Asesmen dan Bina Pegawai, Bapak Syahrudin) serta dari Ditjen Bimas Hindu, yakni Sekretaris Ditjen Bimas, Bapak I Made Sutresna dan Direktur Pendidikan Hindu, Bapak I Wayan Budha. Selain sesi wawancara, pada hari kedua juga dilakukan tes komputer bagi seluruh peserta Asessment.  

.